Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi umum yang sampai sekarang masih sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat. Minat masyarakat ini dikarenakan faktor ekonomis dan efektifitas perjalanan yang relatif cepat.
Berbeda dengan beberapa tahun ke belakang, dimana kondisi kereta api benar-benar dicintai oleh segmen masyarakat menengah ke bawah, sehingga kondisi penuhnya kereta api bisa terlihat disaat mudik atau liburan panjang.
Untuk sekarang ini PT. KAI menerapkan sistem dan kebijakan baru yaitu memperbaiki fasilitas demi kenyamanan penumpang. Di antaranya dengan membatasi jumlah penumpang sesuai dengan kuota ( tidak menjual tiket tanpa tempat duduk ), menerapkan sistem booking atau reservasi, melarang penjual dan pengemis untuk masuk ke kereta kecuali disaat berhenti sampai menaikan tarif dan pemasangan Ac bagi kereta ekonomi.
Tentunya fasilitas dan kenyamanan seperti itu tidak bisa dipungkiri setiap orang pasti mendambakannya. Karena bagi konsumen, kenyamanan adalah segalanya dan bagi Produsen dalam hal ini PT.KAI bahwa kepuasan pelanggan adalah segalanya.